Kamis, 16 Desember 2010

Pengamatan Trading Options

Berikut adalah hasil pengamatan saya trading Options. Jika para sahabat memiliki pandangan dan pengalaman berbeda, saya akan senang hati untuk mendapatkan opini dan Anda dapat berbagi dengan mengirimkan komentar sehingga kita bisa lebih maju bersama. Terima kasih.

1.  Di Chart 1M atau 3M trend naik, dulu saya pernah beberapa kali  beli CALL, ternyata rugi. Belakangan baru diketahui, penyebabnya adalah IV turun. Selain itu, indikasi Chart D bila terlihat candle merah atau merah kosong, sebaiknya tidak beli CALL. Dicoba beli PUT ternyata, juga tidak mendapatkan untung, karena seringkali chart bergerak naik, candle hijau hanya sebentar tapi tiba-tiba cepat sekali menjadi merah, kemudian turun, gerakan sulit diterka dan menjadi tidak stabil. Akhirnya, saya belajar menahan diri untuk tidak trading bila dalam sikon tsb.


2.  Ketika candle kecil-kecil atau line MA5-10-22  rapat-rapat, ada baiknya kita juga tidak entry, karena selain range harga kecil, gerakan bisa jadi tidak menentu, entah mau naik atau turun. Saya belajar agar sabar menunggu hingga line MA5 memotong MA10 naik keatas atau kebawah, dan diikuti oleh indikator yang sejalan dari MACD serta Stochastic Slow serta volume, baru entry.

3.  Saya perhatikan yang terbaik adalah ketika MA5-10-22 berada dalam jarak yang besar serta trend jelas, apakah keatas atau kebawah, dan gerakan stabil serta IV dalam keadaan rata atau sedikit moncong keatas, tapi tidak terlalu tinggi sekali. Biasanya candle sudah beberapa hari naik terus, IV bakal turun. Sebaliknya sudah beberapa hari turun, maka IV menjadi tinggi. Selama pengamatan sebulan ini, posisi demikian terjadi selama 30-45 menit sehabis pasar buka. Itulah moment yang terbaik untuk mendapatkan keuntungan bila entry pada posisi yang benar mengikuti trend candle yang naik atau turun stabil.

Bagaimana dengan trading dan pengamatan Anda? Ditunggu sharingnya.

2 komentar:

sumber stabilizer glodok mengatakan...

saya juga alami hal serupa cik, pasar ga menentu, ga bisa kebaca, akhirnya mo beli call ato put tetap rugi.. capek d. T.T cik Yendy pake teknikal stochastic Slow apa tu cik? bisa di jelaskan cara setting n bacanya?? makasi byak cik..

yendysuksesonline mengatakan...

Ya, betul, martin, pakai SS yg kamu bilang. Pakai default saja yg sdh ada dari toss. Jika 2 garis dibawah, sedikit sudah mulai nukik keatas, beli call. Jangan pernah belanja ketika 2garis ditengah, karena tidak menentu. Jika ke2 garis diatas, itu sudah boleh dijual. Tertinggi lewat garis sedikit, tapi jangan serakah, nanti nyungsep cepat, telat dijual.